Pembahasan KIMIA ERLANGGA K13 Kelas 11 Larutan Asam dan Basa

21:47
loading...

Pembahasan Kimia Erlangga Unggul Sudarmo Kelas 11 Larutan asam dan Basa

Pembahasan kimia erlangga kelas 11 larutan asam dan basa


Halo semuanya? apa kabar? bagaimana liburannya? menyenangkan bukan? tentunya menyenangkan. setelah sekian lama kita berlibur akhirnya sekarang masuk juga. kali ini primalangga akan membahas latihan soal buku kimia erlangga kurikulum 2013 karangan unggul sudarmo bab larutan asam dan basa.  #Tentang ASAM BASA

BACA JUGA  : rangkuman asam basa lengkap dan Pembahasan asam dan basa latihan 5.3 - 5.5


bab ini merupakan bab pertama pada semester 1 kurikulum 2013. untuk mempermudah teman-teman mengerjakan latihan soal yang anda maka simaklah uraian berikut  ini 

LATIHAN 5.1


SOAL NO 1


Bagaimana cara mengenali suatu larutan bersifat asam asam atau basa? 

PEMBAHASAN    
                                                                                   
Dengan menggunakan suatu alat yang dapat membedakan mana asam atau basa

yang disebut indikator

SOAL NO 2

A. Jelaskan apa yang dimaksud dengan indikator asam basa

B. Jelaskan persyaratan suatu zat dapat digunakan sebagai indikator asam-basa

PEMBAHASAN                                                                                                                

A. suatu bahan atau alat yang dapat menentukan sifat asam / basa suatu larutan

B. persyaratan suatu zat dapat digunakan sebagai indikator yaitu memiliki warna

yang berbeda ketika dimasukan ke dalam larutan asam atau ke larutan basa

SOAL NO 3

Tuliskan 5 contoh bahan alam yang dapat digunakan untuk indikator asam-basa

PEMBAHASAN :

1. Kembang sepatu

2. Kol ungu

3. Kunyit

4. Daun pandan

5. Bunga kertas

SOAL NO 4

Apa yang dimaksud dengan asam basa menurut Arrhenius, tuliskan contohnya

PEMBAHASAN :

Asam : Zat yang dimasukan ke dalam air akan menghasilkan ion H+

Contoh :

Asam

HCl H+ + Cl-

Basa
NaOH Na+ + OH-
Basa : Zat yang dimasukan ke dalam air akan menghasilkan ion OH-

SOAL NO 5

SOAL NO 6

Tuliskan perbedaan asam lemah dan asam kuat menurut teori asam-basa Arrhenius

PEMBAHASAN       
Asam lemah : asam yang derajat ionisasinya lebih kecil dibanding asam kuat atau kurang terurai dan sedikit menghasilkan ion H+ dalam larutannya

Asam kuat : asam yang derajat ionisasinya besar atau mudah terurai dan banyak

menghasilkan ion H+ dalam larutannya

SOAL NO 7

Tuliskan pengertian asam basa menurut Bronsted-Lowry

PEMBAHASAN 

Asam : pemberi/donor proton (H+)

Basa : penerima/akseptor proton (H+)

SOAL NO 8



PEMBAHASAN
SOAL NO 9

Apa yang dimaksud asam-basa menurut teori lewis dan tuliskan contohnya 

PEMBAHASAN

Asam : Penerima/akseptor pasangan elektron

Basa : Pemberi/donor pasangan elektron

Contoh:




Basa  asam 
NH3 memberikan pasangan elektron bebasnya ke BF3 yang tidak oktet.

SOAL NO 10

Jelaskan kelebihan teori asam-basa Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis

PEMBAHASAN  
Kelebihan Arrhenius : mampu menjelaskan proses netralisasi lebih baik

dibanding  teori-teori sebelumnya

Kelebihan Brosted-Lowry : Dapat menjelaskan basa yang tidak memiliki ion OH- dan

tidak terbatas pada pereaksi air.

Kelebihan Lewis : Dapat menjelaskan asam yang tidak memiliki ion H+, dapat

menjelaskan asam basa tanpa ada H+ dan OH-

SOAL NO 11

Jelaskan sifat asam dan basa dan tentukan pula pasangan asam-basa konjugasi dari

larutan tersebut
a.      CH3COOH
b.      NaOH

 SOAL NO 12 

Jelaskan bagaimana larutan H3PO4- dalam air dapat bersifat asam dan dapat pula

bersifat basa


SOAL NO 13

Perhatikan reaksi yang terjadi pada ion bikarbonat berikut
HCO3-(aq) + H2
HCO3-(aq) + H2
Tentukan pasangan asam-basa konjugasi pada reaksi di atas

PEMBAHASAN    



SOAL NO 14

Konsep asam basa menurut Lewis dapat digunakan untuk menjelaskan reaksi asam-

basa yang terjadi pada:

CO2 + H2OC2 CO3

Gambarkan struktur Lewis dari reaksi tersebut. Jelaskan manakah molekul yang

bertindak sebagai asam dan sebagai basa

yang bertindak sebagai asam yaitu CO2 karena menerima pasangan electron. Sedangkan yang bertindak sebagai basa yaitu H2O karena memberikan electron


SOAL NO 15

Jelaskan kelemahan dari konsep asam-basa Bronsted-Lowry

PEMBAHASAN
Tidak mampu menjelaskan reaksi asam basa yang tidak melibatkan proton (H+)

LATIHAN 5.2 








Reaksi swaionisasi air

H2O H+ + OH-

Karena koefisiennya sama maka, [H+] = [OH-]

10-12  =  [H+].[H+]

10-12  =  [H+]2

 




SOAL NO 17

Hitunglah konsentrasi ion H+ dan ion OH- dalam:

a. Larutan H2SO4, 0,1M

b. 100 mL larutan Ba(OH) 5 x 10-4 M

c. Larutan HBrO 0,1 M Ka = 4 x 10-9

d. Larutan NH 0,1 M Kb = 10-5


SOAL NO 18

Hitunglah berapa persen HCN yang terionisasi dalam larutan HCN 0,1 M jika

diketahui nilai Ka HCN = 6,4 x 10-12


SOAL NO 19


Hitunglah konsentrasi masing-masing spesi dalam larutan asam lemah H2CO3 0,1 M

jika diketahui Ka1 = 4,2 x 10-7  dan Ka2 =4,8 x 10-11


PEMBAHASAN










Sekian dulu ya pembahasan tentang kimia erlangga kelas 11 larutan asam dan basa  nya. pada pembahasan diatas hanya mencakup LATIHAN 5.1 dan LATIHAN 5.2 untuk latihan yang lain silakan klik link dibawah. terima kasih
loading...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »