Friday 7 February 2020

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hidrolisis garam?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hidrolisis garam?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hidrolisis garam?

PEMBAHASAN

Hidrolisis garam adalah reaksi antara garam dengan air dan membentuk kesetimbangan. Garam yang dapat mengalami reaksi hidrolisis adalah garam – garam yang tersusun dari asam lemah atau basa lemah.

Pembahasan :
Garam adalah senyawa yang dihasilkan dari reaksi antara asam dengan basa. Contoh senyawa garam yaitu : NaCl, K2SO4, NH4NO3, CH3COONa, MgF2 dll. Beberapa garam tersebut dapat mengalami reaksi hidolisis. Reaksi hidrolisis adalah reaksi antara garam dan air dalam bentuk reaksi kesetimbangan. Berdasarkan sifat asam dan basa penyusunnya, garam dibagi menjadi 4 macam yaitu :

1. Garam dari asam kuat dan basa kuat
Garam yang terbentuk dari asam kuat dengan basa kuat dengan jumlah mol yang tidak bersisa, akan bersifat netral (pH = 7) dan tidak bisa mengalami hidrolisis. Garam yang terbentuk tidak dapat bereaksi dengan air dan membentuk kesetimbangan. Contoh garam dari asam kuat dengan basa kuat adalah NaCl, K2SO4, MgCl2, Ca(NO3)2 dll.
NaCl (aq) ----------> Na+ + Cl-

2. Garam dari asam kuat dengan basa lemah
Garam yang terbentuk dari asam kuat dengan basa lemah dengan jumlah mol yang tidak bersisa akan bersifat asam. Garam yang terbentuk akan mengalami hidrolisis sebagian dan memiliki pH < 7. Contoh garam dari asam kuat dengan basa lemah adalah NH4Cl, NH4NO3, FeCl2 dll. Reaksi kesetimbangan yang terjadi :
NH4Cl --------> NH4+ + Cl-
NH4+ + H2O <===> NH4OH + H+

3. Garam dari asam lemah dengan basa kuat
Garam yang terbentuk dari asam lemah dengan basa kuat dengan jumlah mol yang tidak bersisa akan bersifat basa. Garam yang terbentuk akan mengalami hidrolisis sebagian dan memiliki pH > 7. Contoh garam dari asam lemah dengan basa kuat adalah CH3COONa, NaF, K2S dll. Reaksi kesetembangan yang terjadi :
CH3COONa --------> CH3COO- + Na+
CH3COO- + H2O <===> CH3COOH + OH-

4. Garam dari asam lemah dengan basa lemah
Garam yang terbentuk dari asam lemah dengan basa lemah dengan jumlah mol yang tepat bereaksi akan mengalami hidrolisis total. Garam tersebut akan memiliki pH sesuai dengan harga tetapan kesetimbangan Ka dan Kb. Contoh garam dari asam lemah dengan basa lemah adalah NH4F, (NH4)2S CH3COONH4, dll.
NH4F --------> NH4+ + F-
NH4+ + H2O -------> NH4OH + H+
F- + H2O <===> HF + OH-.(SL)

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/9094354#readmore

BACA SELENGKAPNYA : Pembahasan kimia erlangga hidrolisis garam